Tips Merawat Kulkas Dua Pintu Dengan Benar

Lemari es belakangan ini telah banyak ditemukan di hampir setiap rumah. Dengan fungsinya yang memang sangat bermanfaat, orang-orang semakin menaruh minat terhadap kulkas. Kulkas dua pintu pun semakin diminati karena kemampuannya dalam menampung berbagai jenis makanan dalam jumlah yang besar.

Meskipun harga yang ditawarkan oleh kulkas dua pintu sangatlah tinggi, namun kelebihan yang ditawarka oleh lemari es dua pintu sangatlah mampu untuk menutupi harga tinggi yang ditawarkan. Tak peduli jika kulkas dua pintu tersebut datang dari brand kecil maupun brand ternama, semua itu tetaplah bergantung dengan perawatan yang rutin dilakukan.

Perawatan kulkas dua pintu

Dengan kelebihan yang ditawarkan oleh lemari es dua pintu, perhatian ekstra terhadap proses perawatan lemari es dua pintu juga tak dapat dihindari. Kulkas dua pintu perlu untuk dipakai secara maksimal demi suhu yang lebih besar agar harapan dalam mengawetkan makanan dapat lebih terlaksana dengan lancar. Tetap saja ada peraturan yang harus anda patuhi demi kelangsungan hidup kulkas dua pintu anda. Ada batasan dalam proses menyimpan serta merawat kulkas semacam ini. Anda perlu memahami dan menerapkannya demi proses bekerja kulkas yang lebih lancar. Dibawah ini merupakan tips perawatan kulkas dua pintu yang benar:

1. Tidak memasukan minuman yang masih panas ke dalam kulkas
Memang benar kulkas dapat digunakan untuk menyimpan minuman untuk menjaganya agar tetap dingin dan selalu segar seperti saat pertama dibuka. Namun, menyimpan minuman panas langsung ke kulkas akan memperburuk keadaan kulkas. Jadi pastikan minuman tersebut sudah dingin sebelum anda masukan ke dalam lemari es.

2. Mengisinya dengan porsi yang tepat
Terkadang, banyak yang tidak menyadari bahwa kita mengisi kulkas dengan terlalu banyak. Kita harus selalu mengisi dengan porsi yang tepat atau mematuhi batas minimum di dalam peraturan.

3. Membersihkan menggunakan air hangat
Jika kulkas sudah terlihat kotor, anda harus segera membersihkan dengan cara yang benar. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan menggunakan air hangat dan kain lembut untuk menghilangkan kotoran tersebut.

4. Menutup pintu kulkasdengan rapat
Mungkin anda terbiasa untuk membuka tutup kulkas seenak hati. Anda perlu memastikan jika anda telah menutup pintu kulkas dengan rapat karena pintu yang terbuka meskipun hanya sedikit akan mengakibatkan penggunaan tenaga listrik yang semakin besar.

5. Memperhatikan celah kulkas dengan barang lain
Benda elektronik perlu memiliki celah diantara satu sama lain. Anda perlu memastikan jika lemari es anda jauh dari benda-benda lain seperti kompor, dispenser dan barang elektronik lainnya.

6. Dengan teratur melakukan pembersihan terhadap kondensor
Kondensor sering sekali luput dari proses pembersihan. Sebenarnya hal ini akan menjadi fatal jika tidak anda perhatikan karena hanya akan membuat lahan debu yang bersatu dan hanya akan membuat kendala di dalam proses pelepasan panas.

7. Perhatikan penampungan freezer
Pada bagian bawah freezer tepatnya pada penampung seringkali muncul bunga es yang akan terus menurus berkumpul dan bertambah banyak. Anda perlu membersihkannya untuk membuat freezer berjalan dengan lancar.

8. Tetap menggunakan kulkas ketika listrik mati
Pastikan anda tidak menggunakan kulkas ketika listrik mati. Hal yang dimaksud disini adalah membuka lemari es tersebut. Pastikan pintu lemari es tertutup rapat dan jangan langsung aktifkan kulkas ketika lampu telah menyala kembali. Dengan perawatan yang benar dan rutin, kulkas dua pintu akan tetap memiliki kualitas yang sama seperti saat pertama kali dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *